Langsung ke konten utama

Pengantar Bisnis Informatika (Definisi Bisnis, TIK dan Bisnis Informatika)

BISNIS
Secara umum, pengertian bisnis (business), tidak terlepas dari aktivitas produksi, pembelian, penjualan, maupun pertukaran barang dan jasa yang melibatkan orang atau perusahaan. Dalam konteks yang lebih sempit, pengertian bisnis sering dikaitkan dengan usaha, perusahaan atau organisasi yang menghasilkan barang dan jasa untuk menghasilkan laba. Pendapat lain mengatakan bahwa pengertian bisnis adalah usaha untuk memenuhi kebutuhan manusia, organisasi ataupun masyarakat luas. Pelaku bisnis (businessman) akan selalu melihat adanya kebutuhan masyarakat dan kemudian mencoba untuk melayaninya secara baik sehingga masyarakat menjadi puas dan senang karenanya. Dari kepuasan masyarakat itulah businessman atau para pelaku bisnis akan mendapatkan keuntungan dan kemudian keuntungan tersebut akan digunakan untuk mengembangkan bisnis agar menjadi lebih luas.
Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Dalam ekonomi kapitalis, di mana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, di mana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan di mana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata "bisnis" sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya - penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya "bisnis pertelevisian." Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Namun definisi "bisnis" yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.

TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai bagian dari ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) secara umum adalah suatu teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan (akuisisi), pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi (Kementerian Negara Riset dan Teknologi, 2006: 6) yang digunakan untuk mengolah data termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat, dan tepat waktu yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis dan pemerintahan, dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.
TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21, TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.

BISNIS INFORMATIKA
Bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Yang dimaksud teknologi informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi, seperti internet.
Tidak dapat dipungkiri, bisnis informatika berkembang dengan pesat akhir-akhir ini. Intenet sudah mengalami pergeseran di dalam kebutuhan masyarakat. Dahulunya, internet merupakan kebutuhan pelengkap atau masih merupakan kebutuhan yang mewah bagi sebagian masyarakat. Di zaman ini, kebutuhan internet sudahlah menjadi kebutuhan sekunder bahkan primer. Hal ini dikarenakan perkembangan pola pikir dan hidup masyarakat ditambah maraknya teknologi muktahir yang memungkinkan pencapaian informasi yang mudah didapat dan cepat. Akses internet pun kian mudah didapatkan. Hal ini mendorong para pebisnis untuk memanfaatkannya dengan beragam cara untuk memajukan usahanya.
Sejalan dengan cepatnya perkembangan bidang teknologi, perusahaan-perusahaan makin dipacu untuk menggunakan teknologi yang maju sebagai senjata untuk tetap survive dan memenangkan persaingan yang kian hari terasa ketat dan keras. Akhir-akhir ini penggunaan internet yang menjurus kepada cyberspace kelihatannya akan mendominasi seluruh kegiatan di atas permukaan bumi di masa kini dan masa datang dan secara umum akan berubah menjadi alat untuk persaingan antara perusahaan yang satu dengan yang lainnya. Ini pun akan membawa dampak yang sangat besar bagi setiap perusahaan. Dampak pada aspek persaingan adalah terbentuknya tingkat kompetisi yang semakin tajam. Globalisasi ekonomi juga membuat perubahan menjadi konstan, pesat, radikal, serentak, dan pervasif. Sehingga perusahaan harus memiliki kemampuan yang cepat untuk beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi sehingga perusahaan akan mampu bersaing dengan para kompetitornya.

JENIS BISNIS INFORMATIKA E-COMMERCE (mds.mataharimall.com)
Jenis bisnis informatika yang saya pilih yaitu E-commerce (perdagangan elektronik) adalah kegiatan jual beli barang/jasa atau transimisi dana/data melalui jaringan elektronik, terutama internet. Pada bisnis informatika ini saya memilih mds.mataharimall.com merupakan salah satu situs belanja online pada perusahaan matahari dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sehingga menjadikan mds.mataharimall.com sebuah website. Seperti pada website-website jual beli online lainnya, mds.mataharimall.com menyediakan berbagai jenis kategori diantaranya adalah fashion wanita, fashion pria, fashion anak-anak, tas & koper, peralatan rumah tangga, kesehatan & kecantikan, dan jam tangan & perhiasan. Untuk setiap kategori didalamnya terdapat berbagai kategori lagi seperti jenis-jenis atasan atau bawahan pada fashion wanita dan sebagainya yang lebih spesifik sehingga mudah dalam pencarian, begitupun dengan kategori yang lainnya. Selain kategori tersebut, mds.mataharimall.com memiliki beberapa fitur yaitu keranjang belanjaan, pusat bantuan, informasi mengenai matahari mall dan mengenai website matahari tersebut seperti informasi stok barang dan lain-lain.
Berdasarkan pendapat saya, pada website jual beli online mds.mataharimall.com ini terdapat kelebihan dan kekurangan, diantanya :
v  Kelebihan :
-      Barang-barang yang disediakan memiliki kategori yang sudah sangat spesifik sehingga tidak sulit dalam pencarian
-      Tidak ribet dalam pemesanan barang
-      Tersedia spesifikasi pada setiap barang
-      Tersedia banyak pilihan pembayaran
-      Barang bisa dikirim atau diambil di toko terdekat yang tersedia
v  Kekurangan :
-      Batas waktu pengiriman sudah ditentukan dari pihak perusahaan sehingga tidak bisa memilih kategori pengiriman

Perkembangan Bisnis Informatika di Indonesia dan Dunia
Pada zaman sekarang perkembangan teknologi informasi terjadi sangat pesat dan tidak bisa dihindari. Sejak komputer pertama kali ditemukan pada tahun 1955, peradaban dunia mengalami perkembangan informasi yang baru dan cepat yang didukung dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi ini juga sangat mempengaruhi dalam dunia bisnis. Pada saat ini sudah banyak perusahaan-perusahaan yang menerapkan teknologi dalam menjalankan bisnis perusahaan tersebut. Penerapan TIK menyebabkan perubahan kebiasaan dalam bidang bisnis salah satunya yaitu E-commerce yang banyak digunakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk mereka karena hanya dengan menggunakan media internet produk tersebut bisa terjangkau semua kalangan.
Perkembagan TIK yang sangat dirasakan dalam dunia bisnis di dunia dan Indonesia yaitu memberikan kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan bisnis dengan rekan bisnis mereka yang berada di negara lain saat ini sangat mudah untuk mengatasi kesulitas tersebut yaitu dengan memanfaatkan video conference maupun internet call yang bisa digunakan kapan saja tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu mahal. Penggunaan video conference ini banyak digunakan di semua industry global.
Selain mempengaruhi pada pengusaha yang mempunyai perusahaan untuk berkomunikasi dengan rekan bisnisnya, perkembangan TIK juga sangat berdampak besar terhadap pegawai perusahaan. Pada saat ini pegawai perusahaan tidak perlu memberikan lembaran pekerjaan dalam bentuk kertas namun bisa memanfaatkan fasilitas email gratis untuk mengirimkan hasil laporan kerja.
Perkembangan TIK dalam dunia bisnis dapat membantu urusan bisnis lebih cepat tanpa menggunakan biaya yang begitu besar seperti untuk mengumpulkan para karyawan satu per satu untuk rapat dengan memanfaatkan fitur pada handset ponsel pintar sehingga rapat bisa dilaksanakan dimana saja tanpa harus berkumpul di satu tempat.
Perkembangna bisnis informatika di Indonesia sangat erat kaitannya dengan pesatnya teknologi yang ada di Indonesia. Salah satu jenis bisnis informatika yang sedang berkembang pesat di Indonesia yaitu E-Commerce yang sebanding dengan banyaknya pengguna internet di Indonesia. Faktor pengguna internet di Indonesia yang semakin meningakt merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pesatnya perkembangan bisnis informatika di Indonesia. Faktor modal dalam melakukan bisnis informatika juga tidak membutuhkan modal yang besar contohnya untuk memulai usaha E-commerce karena dengan mampu membuat website yang menarik perhatian konsumen, sosialisasi yang bagus, dan juga cara pemasaran yang dilakukan pemilik e-commerce maka konsumen dan keuntungan penjualan akan menghampiri bisnis tersebut.  Berdasarkan dampak perkembangan TIK dalam dunia bisnis di dunia dan Indonesia seperti contoh diatas dan factor yang mendukung maka tidak bisa dipungkiri bahwa dengan adanya perkembangan zaman bisa membuat seluruh bidang bisnis di masa depan lebih maju dengan menggunakan segala sesuatu yang behubungan erat dengan bidang informatika.

Sumber Puastaka





Komentar

Postingan populer dari blog ini

GAPURA CANDI BENTAR - BALI

GAPURA CANDI BENTAR BALI Disusun oleh: Hilda Nur Fauziah 54414989 1IA02 UNIVERSITAS GUNADARMA ATA 2014/2015 BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki berbagai macam suku, budaya, dan adat istiadat dari setiap suku disetiap wilayahnya. Hal ini membuat masyarakat Indonesia bangga terhadap apa yang negara kita miliki. Meskipun bebeda suku bangsa tetapi kita tidak membeda-bedakan satu sama lainnya. Namun, sangat disayangkan apabila generasi penerus bangsa tidak mengetahui tentang kebudayaan disetiap suku-suku yang ada di Indonesia. Berhubung seiring berkembangnya zaman, masyarakat Indonesia sekarang ini lebih tertarik terhadap sesuatu yang berubungan dengan budaya barat. Terutama di daerah Bali, masyarakat Indonesia dengan mudahnya bisa mengikuti budaya barat karena Bali merupakan salah satu objek wisata yang sangat terkenal baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Hal ini menyebabkan pengaruh bud

SUKU BIMA - NUSA TENGGARA BARAT

SUKU BIMA NUSA TENGGARA BARAT Disusun oleh: Hilda Nur Fauziah 54414989 1IA02 UNIVERSITAS GUNADARMA ATA 2014/2015 BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Indonesia adalah Negara kepulauan dengan berbagai keanekaragaman suku ditiap-tiap daerah yang telah diwariskan dari nenek moyang ke generasi-generasi berikutnya, salah satunya adalah provinsi Nusa Tenggara Barat. Disana terdapat pulau Sumbawa dan Lombok yaitu dua pulau terbesar yang berada di Nusa Tenggara Barat. Selain kaya akan sumber daya alamnya, provinsi Nusa Tenggara Barat ini memiliki pesona alam yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi. Namun, pada makalah ini saya akan membahas suku yang berada di pulau Sumbawa yaitu suku Bima dengan berbagai keanekaragaman budaya dan tradisi yang sangat kental dan sudah turun temurun hingga saat ini. B.      Tujuan Pembahasan Suku Bima Tujuan pembuatan makalah ini umumnya dilakukan