Langsung ke konten utama

PENULISAN ILMIAH “PEMBUATAN APLIKASI BELAJAR MENGENAL WARNA BERBASIS ANDROID”

Nama  : Hilda Nur Fauziah
NPM    : 54414989
Kelas   : 4IA08


Nama saya Hilda Nur Fauziah, saya adalah mahasiswi Universitas Gunadarma angkatan 2014 atau lebih tepatnya saya sudah memasuki semester 7. Dikampus saya bukan hal yang aneh lagi jika setiap mahasiswa harus menyelesaikan tugas Penulisan Ilmiah sebagai syarat sidang skripsi. Singkat cerita, pada tanggal 19 Juli 2017 saya melaksanakan sidang penulisan ilmiah dengan judul “Pembuatan Aplikasi Belajar Mengenal Warna Berbasis Android”. Pada tahap penulisan dan pembuatan aplikasi ini tentunya tidak lepas dari bimbingan dosen yaitu Ibu Rosdiana S.Kom., MMSI selaku dosen pembimbing saya serta bantuan dari teman-teman yang selalu memberi semangat dalam pengerjaannya.
Aplikasi yang saya buat merupakan aplikasi edukasi berbasis android yang diperuntukkan kepada anak-anak usia dini dengan bimbingan orang tua. Alasan saya memilih aplikasi tersebut karena pada zaman sekarang teknologi sudah semakin canggih sehingga banyak sekali orang memanfaatkan teknologi sebagai media informasi dan komunikasi. Sudah tidak bisa dipungkiri bahwa anak-anak zaman sekarang sudah tidak asing lagi dengan perangkat smartphone atau ponsel pintar dan bahkan sudah mengerti cara menggunakannya. Oleh karena itu, dibuatlah aplikasi edukasi yang dapat membantu memudahkan para orang tua dalam memberikan pembelajaran kepada anaknya terutama pada anak usia dini dengan rentang usia 4-8 tahun. Salah satu contohnya yaitu aplikasi belajar mengenal warna, aplikasi ini berisi belajar kategori warna diantaranya terdapat warna primer, sekunder, tersier dan netral. Selain itu, terdapat cara mencampurkan dua warna yang berbeda sehingga menghasilkan warna ketiga. Warna yang dihasilkan merupakan tidak lain adalah warna primer, sekunder dan tersier. Kemudian yang terakhir ada belajar mengenal benda-benda yang ada disekitar kita sesuai dengan warnanya. Selain itu, aplikasi ini ditambahkan efek suara ketika di klik sehingga memberikan kesan menarik dan tidak monoton.
Dalam pembuatan aplikasi eduikasi berbasis android ini saya menggunakan perangkat lunak (software) android studio yang nantinya akan menjadi apk untuk dapat di instalasi pada smartphone. Selain itu, ada beberapa software pendukung seperti photoshop CS6 untuk mengedit gambar sekaligus berserta tulisan seperti pada bagian judul bahkan fontnya bisa diubah semenarik mungkin. Dan audacity merupakan software yang digunakan untuk merekam suara. 
Kelebihan aplikasi belajar mengenal warna ini adalah terdapat pada pembagian kategori warna sehingga anak-anak bisa membedakan warna apa saja yang termasuk warna primer, sekunder, tersier maupun netral. Selain anak-anak bisa mengenali benda-benda yang ada disekitarnya, tetapi bisa mengenali warna pada benda tersebut.
Langkah-langkah yang akan saya gunakan untuk mempromosikan aplikasi ini yaitu sebagai berikut :
a.  Saya akan memberikan isntalasi apk tersebut kepada saudara-saudara dan tetangga terutama kepada para orang tua yang anaknya masih dalam masa perkembangan.
b. Saya akan mengupload aplikasi saya ke Google Play Store dengan menambahkan berbagai keterangan semenarik mungkin sehingga para orang tua tertarik untuk mendownloadnya dan bisa di download secara gratis.
c.    Saya akan bekerja sama dengan sekumpulan orang-orang yang memiliki aplikasi edukasi sehingga bisa memsang iklan pada salah satu aplikasi yang sudah didownload.
d. Saya akan mengunjungi playgroup/TK dan PAUD untuk bersosialisai kepada anak-anak dan guru serta orang tua agar bisa menggunakan aplikasi tersebut sehingga smartphone yang biasa di mainkan anak-anak dapat lebih bermanfaat dengan adanya aplikasi edukasi ini tentunya dengan bimbingan orang tua dan para guru. Selain itu, aplikasi ini diharapkan bisa menjadi acuan guru sebagai metode pembelajaran kepada anak-anak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GAPURA CANDI BENTAR - BALI

GAPURA CANDI BENTAR BALI Disusun oleh: Hilda Nur Fauziah 54414989 1IA02 UNIVERSITAS GUNADARMA ATA 2014/2015 BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki berbagai macam suku, budaya, dan adat istiadat dari setiap suku disetiap wilayahnya. Hal ini membuat masyarakat Indonesia bangga terhadap apa yang negara kita miliki. Meskipun bebeda suku bangsa tetapi kita tidak membeda-bedakan satu sama lainnya. Namun, sangat disayangkan apabila generasi penerus bangsa tidak mengetahui tentang kebudayaan disetiap suku-suku yang ada di Indonesia. Berhubung seiring berkembangnya zaman, masyarakat Indonesia sekarang ini lebih tertarik terhadap sesuatu yang berubungan dengan budaya barat. Terutama di daerah Bali, masyarakat Indonesia dengan mudahnya bisa mengikuti budaya barat karena Bali merupakan salah satu objek wisata yang sangat terkenal baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Hal ini menyebabkan pengaruh bud

SUKU BIMA - NUSA TENGGARA BARAT

SUKU BIMA NUSA TENGGARA BARAT Disusun oleh: Hilda Nur Fauziah 54414989 1IA02 UNIVERSITAS GUNADARMA ATA 2014/2015 BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Indonesia adalah Negara kepulauan dengan berbagai keanekaragaman suku ditiap-tiap daerah yang telah diwariskan dari nenek moyang ke generasi-generasi berikutnya, salah satunya adalah provinsi Nusa Tenggara Barat. Disana terdapat pulau Sumbawa dan Lombok yaitu dua pulau terbesar yang berada di Nusa Tenggara Barat. Selain kaya akan sumber daya alamnya, provinsi Nusa Tenggara Barat ini memiliki pesona alam yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi. Namun, pada makalah ini saya akan membahas suku yang berada di pulau Sumbawa yaitu suku Bima dengan berbagai keanekaragaman budaya dan tradisi yang sangat kental dan sudah turun temurun hingga saat ini. B.      Tujuan Pembahasan Suku Bima Tujuan pembuatan makalah ini umumnya dilakukan

Pengantar Bisnis Informatika (Definisi Bisnis, TIK dan Bisnis Informatika)

BISNIS Secara umum, pengertian bisnis ( business ), tidak terlepas dari aktivitas produksi, pembelian, penjualan, maupun pertukaran barang dan jasa yang melibatkan orang atau perusahaan. Dalam konteks yang lebih sempit, pengertian bisnis sering dikaitkan dengan usaha, perusahaan atau organisasi yang menghasilkan barang dan jasa untuk menghasilkan laba. Pendapat lain mengatakan bahwa pengertian bisnis adalah usaha untuk memenuhi kebutuhan manusia, organisasi ataupun masyarakat luas. Pelaku bisnis ( businessman ) akan selalu melihat adanya kebutuhan masyarakat dan kemudian mencoba untuk melayaninya secara baik sehingga masyarakat menjadi puas dan senang karenanya. Dari kepuasan masyarakat itulah  businessman  atau para pelaku bisnis akan mendapatkan keuntungan dan kemudian keuntungan tersebut akan digunakan untuk mengembangkan bisnis agar menjadi lebih luas. Dalam  ilmu ekonomi , bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada  konsumen  atau bisnis lainnya, untu