Langsung ke konten utama

MAKALAH PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA “ASPEK PEMASARAN (PT. INDOCEMENT)”

MAKALAH PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA
“ASPEK PEMASARAN (PT. INDOCEMENT)”




Disusu Oleh:
Nama    : Hilda Nur Fauziah
NPM      : 54414989
Kelas     : 4IA08
Dosen   : Siti Saidah






UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2017



KATA PENGANTAR
Puja dan puji syukur saya haturkan kepada Allah Subhanahu Wata’ala yang telah memberikan banyak nikmat, taufik dan hidayah. Sehingga saya dapat menyelesaikan tugas makalah Pengantar Bisnis Informatika yang berjudul “Aspek Pemasaran (PT. Indocement)”.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa masih banyak kekurangan dalam penulisan makalah ini, baik dari segi tata bahasa, susunan kalimat maupun isi. Oleh sebab itu dengan segala kerendahan hati, saya selaku penyusun menerima segala kritik dan saran yang membangun dari pembaca.
Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga makalah ini dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan dan memberikan manfaat nyata untuk masyarakat luas.



Depok, 10 November 2017

Hilda Nur Fauziah








DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR....................................................................... i
DAFTAR ISI................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN................................................................... 1
A.    Latar Belakang.................................................................. 1
B.    Tujuan Penelitian............................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN.................................................................... 2
A.    Spesifikasi Produk/Jasa...................................................... 2
B.    Segmentasi Produk/Jasa.................................................... 6
C.    Analisis Situasi Pasar......................................................... 7
D.   Analisis Pesaing................................................................. 7
E.    Strategi Promosi................................................................ 9
F.    Media Promosi Berbasis IT.................................................. 9
BAB III PENUTUP..........................................................................10
A.    Kesimpulan........................................................................10
B.    Saran.................................................................................10
DAFTAR PUSTAKA..........................................................................11



BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tidak mungkin dapat mencari sendiri pembeli ataupun konsumennya. Oleh karena itu, produsen dalam kegiatan pemasaran produk atau jasanya harus membutuhkan konsumen mengenai produk atau jasa yang dihasilkannya. Salah satu cara yang digunakan produsen dalam bidang pemasaran untuk tujuan meningkatkan hasil produk yaitu melalui kegiatan promosi.
Sebagaimana diketahui bahwa keadaan dunia usaha bersifat dinamis, yang selalu mengalami perubahan yang terjadi setiap saat dan adanya keterkaitan antara satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu strategi pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting untuk keberhasilan perusahaan umumnya dan pada bidang pemasaran khususnya. Disamping itu strategi pemasaran yang diterapkan harus ditinjau dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan pasar dan lingkungan pasar tersebut. Dengan demikian strategi pemasaran harus dapat memberikan gambaran yang jelas dan terarah tentang apa yang dilakukan perusahaan dalam menggunakan setiap kesempatan atau paduan pada beberapa sasaran pasar. Seperti halnya pada perusahaan PT Indocement, perusahaan tersebut merupakan salah satu perusahaan semen terbesar di Indonesia dan sudah terbukti kualitasnya. Untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen maka setiap perusahaan harus memiliki strategi pemasaran agar produk yang dihasilkan dapat dipasarkan.
B.     Tujuan Penelitian
Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk menyelesaikan tugas mata kuliah Pengantar Bisnis Informatika yang diberikan oleh dosen dan untuk memahami tentang berbagai aspek pemasaran, diantaranya:
1.    Untuk mengetahui spesifikasi produk/jasa yang dipasarkan
2.    Untuk mengetahui segmentasi produk/jasa yang dipasarkan
3.    Untuk menganalisa situasi pasar sesuai berdasarkan produk/jasa
4.    Untuk menganalisa pesaing sesuai berdasarkan produk/jasa
5.    Untuk mengetahui stategi promosi pemasaran
6.    Untuk mengetahui media promosi apa saja yang berbasis IT


BAB II
PEMBAHASAN

A.     Spesifikasi Produk (PT. Indocement)
Spesifikasi produk didefinisikan sebagai uraian yang terperinci mengenai persyaratan kinerja (performance) barang/jasa atau uraian yang terperinci mengenai persyaratan kualitas material dan pekerjaan yang diberikan penyedia (conformance) barang/jasa.
Pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai spesifikasi produk yang dipasarkan oleh perusahaan PT. Indocement merupakan perusahaan pabrik semen yang saat ini dikenal dengan merk kenamaan “Tiga Roda” dan merk baru yaitu “Rajawali”. PT. Indocement ini memiliki beberapa produk semen yang dipasarkan dengan spesifikasi produk yang berbeda-beda, diantaranya :
1.    Portland Composite Cement (PCC)
PCC Tiga Roda dibuat untuk konstruksi umum seperti rumah, bangunan tinggi, jembatan, jalan beton, beton precast dan beton pre-stress. PCC mempunyai kekuatan yang sama dengan Portland Cement Tipe I.
SNI 15-7064-2014
ASTM C595-13
EN 197-1:2011

2.    Ordinary Portland Cement (OPC)
OPC Tiga Roda juga dikenal sebagai semen abu-abu, terdiri dari lima tipe semen standar. Indocement memroduksi OPC Tipe I, II dan V. OPC Tipe I merupakan semen kualitas tinggi yang sesuai untuk berbagai penggunaan, seperti konstruksi rumah, gedung tinggi, jembatan, dan jalan. OPC Tipe II dan V memberikan perlindungan tambahan terhadap kandungan sulfat di air dan tanah.

         

3.    Portland Pozzolan Cement (PPC)
PPC dari Semen Rajawali sangat baik digunakan untuk pasangan bata dan plesteran, acian, juga pengerjaan beton. Diproduksi dengan teknologi ramah lingkungan, peralatan canggih, dan material terpercaya dari Indocement, penggunaan Semen Rawajali akan menghasilkan pengerjaan dengan kualitas konsisten dan tidak mudah retak. Produk ini juga didesain khusus agar mudah digunakan dan dengan komposisi yang pas sehingga cocok untuk membangun segala tipe bangunan.
SNI 0302-2014
NRP 113-002-160930

4.    Oil Well Cement (OWC)
OWC Tiga Roda adalah tipe semen khusus untuk pengeboran minyak dan gas baik di darat maupun lepas pantai. OWC dicampur menjadi suatu adukan semen kemudian disuntikkan di antara pipa bor dan cetakan sumur bor dimana semen tersebut dapat mengeras dan kemudian mengikat pipa pada cetakannya. OWC diproduksi dengan standar mutu sesuai API (American Petroleum Institute).

5.    Semen Putih
Semen Putih Tiga Roda digunakan untuk dekorasi eksterior dan interior gedung. Sebagai satu-satunya produsen semen putih di Indonesia, saat ini Indocement dapat mencukupi kebutuhan semen putih untuk pasar domestik.
SNI 15-2049-2004
ASTM C150-12

6.    Acian Putih TR30
Acian Putih TR30 sangat sesuai untuk pekerjaan acian dan nat. Komposisi Acian Putih TR30 antara lain Semen Putih "Tiga Roda", kapur (Kalsium Karbonat) dan bahan aditif khusus lainnya. Keuntungan menggunakan Acian Putih TR30 adalah menghasilkan permukaan acian yang lebih halus, mengurangi retak dan terkelupasnya permukaan karena mempunyai sifat plastis dengan daya rekat tinggi, cepat dan mudah dalam pengerjaan, hemat dalam pemakaian bahan serta dapat dipergunakan pada permukaan beton dengan menambahkan bonding agent.

7.    Beton Siap-Pakai
  
Beton siap-pakai (Ready-Mix Concrete/RMC) diproduksi dengan mencampur OPC dengan bahan campuran yang tepat (pasir dan batu) serta air dan kemudian dikirimkan ke tempat pelanggan menggunakan truk semen untuk dicurahkan. Sebagai nilai tambah produk, RMC mendatangkan keuntungan yang lebih tinggi dari produk semen lainnya. RMC Indocement sebagian besar dijual di Jakarta dimana industri pembangunannya sangat baik.

8.    Agregat​
 
Agregat digunakan dalam proses produksi RMC. Pengembangan baru tambang agregat (batu andesit atau batu pecah-belah) di Rumpin dan Purwakarta, Jawa Barat dengan total cadangan 80 juta ton andesit, melalui anak perusahaan Indocement akan memperkuat posisi Indocement sebagai pemasok bahan bangunan.

B.     Segmentasi Produk (PT. Indocement)
Segmentasi produk adalah mengelompokan produk-produk yang akan diproduksi dan akan dijual sesuai dengan keadaan konsumen yang ada. Jadi produsen akan memproduksi sesuatu sesuai dengan keadaan atau perilaku konsumen. Apakah konsumen mau barang yang seperti “ini” atau barang yang seperti “itu”. Sama halnya dengan PT. Indocement ini, setiap produk yang dipasarkan memiliki segmentasi yang berbeda-beda tergantung kebutuhan, fungsi atau manfaat produk tersebut. Misalnya ada semen yang dibuat untuk konstruksi rumah, bangunan/gedung tinggi, jembatan, jalan beton, pasangan bata dan plesteran, pengeboran minyak, dekorasi eksterior dan interior gedung dan sebagainya sesuai dengan kebutuhan pembangunan.

C.     Analisis Situasi Pasar
1.    Konsumsi semen nasional diprediksi tumbuh lebih baik sekitar 3-5% di 2017 (dibandingkan flat pada 2016).
2.    Konsumsi di 2017 akan meningkat seiring dengan meningkatnya proyek-proyek pemerintah dan beberapa proyek komersial dan perumahan sehubungan adanya Tax Amnesty, turunnya bunga KPR, kelonggaran pada ketentuan rasio LTV, adanya pemberian hipotik kedua untuk kepemilikan properti “off-plan”, pengurangan pajak perpindahan kepemilikan, kejelasan dalam kepemilikan properti oleh orang asing, dan kemudahan peraturan.
3.    Antisipasi peningkatan permintaan semen curah dan beton siap pakai di luar Jawa dan lebih tersebar di Jawa karena cepatnya perkembangan proyek infrastruktur pemerintah di 2017. Memerlukan ekspansi di terminal semen dan Batching Plants
4.    Kelebihan pasokan sekitar 27 juta ton di 2016 dan sampai dengan 37 juta ton di 2017 akan merubah kondisi pasar industri semen dan kami perkirakan kompetisi yang ketat di antara 19 merek semen dari 15 pelaku usaha akan terus terjadi (sebelumnya dari 9 merek dan 9 pelaku usaha).
5.    Lonjakan harga batubara akhir-akhir ini akan membatasi penurunan harga semen lebih lanjut pada saat-saat ini dan kemungkinan akan terjadi konsolidasi.

D.    Analisa Pesaing
Guna memenuhi terbatasnya pasokan yang masih terjadi, beberapa perusahaan semen melakukan ekspansi dengan membangun pabrik baru dan menambah kapasitas produksi. Persaingan makin ketat antara pemain baru dan pemain lama.
Beberapa perusahaan pesaing tersebut adalah sebagai berikut :
No.
Nama Perusahaan
Logo
1.
PT Semen Gresik Tbk

2.
PT Semen Tonasa

3.
PT Holcim Indonesia Tbk

4.
PT Semen Bosowa


5.
PT Semen Padang


E.     Strategi Promosi
Strategi promosi yang dilakukan pada perusahaan PT Indocement sebagai berikut :
1.    Untuk mendapatkan segmen proyek yang merupakan pasar terbatas, perusahaan PT Indocement akan menggunakan komunikasi langsung.
2.    Promosi secara lokal yang disesuaikan.
3.    Memiliki moto dari produk baru Rajawali adalah “Melekat, Kuat, Ramah Lingkungan” sebagai ciri khas suatu produk.
4.    Dengan menerapkan program Mitra Semen Tiga Roda. Kartu MSTR bisa dimanfaatkan untuk melakukan pembayaran di outlet Hypermart yang bekerjasama dengan menggunakan poin yang telah dikumpulkan dan dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik mulai dari merchandise, produk elektronik, perjalanan ke luar negeri sampai dapat pula ditukarkan dengan armada truk atau kendaraan seperti sedan dan motor.

F.     Media Promosi berbasis IT
PT Indocement Mengiklankan produknya menggunakan media elektronik seperti TV dan radio, Media cetak seperti majalah dan koran, serta internet dengan situs resminya yaitu www.sementigaroda.com, serta melalui berbagai media sosial seperti facebook, twitter, dan kaskus. Namun, tentu saja masyarakat paling mengingat produk tiga roda berkat iklannya di TV. Tiga roda mempunyai tagline, “Kokoh Terpercaya”. Ketika masyarakat mendengar tagline ini di TV, tagline tersebut langsung memberikan masyarakat pesan dan kesan jika memakai semen tiga roda untuk membangun suatu rumah yang minimalis, pasti rumah yang nanti masyarakat akan bangun Kokoh Terpercaya.



BAB III
PENUTUP

A.     Kesimpulan
PT Indocement merupakan salah satu perusahaan pabrik semen terbesar di Indonesia dengan memiliki banyak cabang diseluruh Indonesia yang dipasarkan. Strategi pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting untuk keberhasilan perusahaan umumnya dan pada bidang pemasaran khususnya. Dengan demikian strategi pemasaran harus dapat memberikan gambaran yang jelas dan terarah tentang apa yang dilakukan perusahaan dalam menggunakan setiap kesempatan atau paduan pada beberapa sasaran pasar. Untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen maka setiap perusahaan harus memiliki strategi pemasaran agar produk yang dihasilkan dapat dipasarkan.
B.     Komentar
Menurut saya, PT Indocement ini sudah memiliki strategi aspek pemasaran yang baik. Jika dilihat dari segi analisa situasi pasar, PT Indocement ini sudah sangat mengikuti perkembangan pasar yang ada dan bahkan pada tahun 2017 memiliki kenaikan proyek yang tentunya harus memproduksi semen dengan jumlah yang lebih banyak lagi. Jika dilihat dari analisa pesaing, sekarang ini sudah banyak sekali perusahaan pabrik semen. Tetapi dengan teguh pendirian dan terus mengembangkan produknya, PT Indocementnya tetap menjadikan perusahaan semen terbaik sampai saat ini.
Untuk menarik para konsumen, PT Indocement ini memiliki strategi promosi dan media promosi berbasis IT yang mana strategi promosi ini dilakukan di berbagai media seperti televisi, jerjaring social dan langsung berinteraksi dengan konsumen. Menurut saya, yang paling berpengaruh bagi masyarakat yaitu media telivisi dimana media televisi adalah media yang paling efektif dalam menyampaikan pesan informasi. Pesan yang disampaikan dalam bentuk audio (suara) dan visual (gambar) dan dikonsumsi oleh semua kalangan sehingga pesan lebih mudah tersampaikan.


DAFTAR PUSTAKA








Komentar

Postingan populer dari blog ini

SUKU BIMA - NUSA TENGGARA BARAT

SUKU BIMA NUSA TENGGARA BARAT Disusun oleh: Hilda Nur Fauziah 54414989 1IA02 UNIVERSITAS GUNADARMA ATA 2014/2015 BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Indonesia adalah Negara kepulauan dengan berbagai keanekaragaman suku ditiap-tiap daerah yang telah diwariskan dari nenek moyang ke generasi-generasi berikutnya, salah satunya adalah provinsi Nusa Tenggara Barat. Disana terdapat pulau Sumbawa dan Lombok yaitu dua pulau terbesar yang berada di Nusa Tenggara Barat. Selain kaya akan sumber daya alamnya, provinsi Nusa Tenggara Barat ini memiliki pesona alam yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi. Namun, pada makalah ini saya akan membahas suku yang berada di pulau Sumbawa yaitu suku Bima dengan berbagai keanekaragaman budaya dan tradisi yang sangat kental dan sudah turun temurun hingga saat ini. B.      Tujuan Pembahasan Suku Bima Tujuan pembuatan makalah ini umumnya dilakukan

GAPURA CANDI BENTAR - BALI

GAPURA CANDI BENTAR BALI Disusun oleh: Hilda Nur Fauziah 54414989 1IA02 UNIVERSITAS GUNADARMA ATA 2014/2015 BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki berbagai macam suku, budaya, dan adat istiadat dari setiap suku disetiap wilayahnya. Hal ini membuat masyarakat Indonesia bangga terhadap apa yang negara kita miliki. Meskipun bebeda suku bangsa tetapi kita tidak membeda-bedakan satu sama lainnya. Namun, sangat disayangkan apabila generasi penerus bangsa tidak mengetahui tentang kebudayaan disetiap suku-suku yang ada di Indonesia. Berhubung seiring berkembangnya zaman, masyarakat Indonesia sekarang ini lebih tertarik terhadap sesuatu yang berubungan dengan budaya barat. Terutama di daerah Bali, masyarakat Indonesia dengan mudahnya bisa mengikuti budaya barat karena Bali merupakan salah satu objek wisata yang sangat terkenal baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Hal ini menyebabkan pengaruh bud