Langsung ke konten utama

Membangun Motivasi Diri Sendiri


Saya akan menuliskan bagaimana membangun motivasi diri sendiri menurut pandangan saya. Dari penulisan ini saya berharap dapat memberikan manfaat bagi para pembaca terutama untuk saya sendiri. Membahas mengenai motivasi diri tentunya setiap orang memiliki caranya masing-masing dalam membangun motivasi diri. Membangun motivasi untuk diri sendiri merupakan hal yang sangat penting, karena untuk memotivasi diri sendiri bukan hanya sekedar mengucapkan kata-kata tetapi harus diimplementasikan disertai dengan adanya dorongan dari diri sendiri dan pemikiran yang positif agar dapat tercapai tujuannya. Memotivasi diri sendiri biasanya berawal dari sebuah pengalaman dimana kita sudah merasakan yang namanya kegagalan karena pengalaman merupakan pelajaran hidup yang paling berharga sehingga tidak sedikit orang sukses yang berawal dari pengalaman yang gagal.
Kegagalan merupakan hal yang mungkin setiap orang pernah mengalaminya, namun bagaimana sikap kita menghadapi kegagalan tersebut apakah akan bangkit kembali dan memulai dari awal lagi atau malah sebaliknya. Seperti halnya saya pernah mengalami kegagalan dimana ketika saya masih sekolah dasar (SD), saya mewakili sekolah untuk mengikuti lomba pianika tingkat kecamatan. Saya sudah berlatih dengan giat dan dibimbing oleh guru saya. Singkat cerita, lomba dimulai saya sudah menyiapkan 3 buah lagu yang akan saya mainkan tetapi karena saya gugup dan tidak didampingi oleh guru yang membimbing saya akhirnya saya hanya bisa memainkan 2 buah lagu. Dan ketika siang harinya juga di umumkan siapa juaranya, alhasil saya hanya mendapatkan peringkat ke-4. Disitu saya pertama kalinya merasakan penyesalan yang amat dalam karena lebih mementingkan diri sendiri. Dari pengalaman tersebut, saya banyak diberi motivasi dan memotivasi diri sendiri juga bahwasannya segala sesuatu yang sudah dipersiapkan matang-matang entah itu kita siap atau tidaknya harus kita jalani saja dan jangan pernah menyesali apa yang sudah terjadi dengan tidak mengingat-ingat kesalahan yang lampau. Selain itu juga, dari setiap pengalaman tersebut saya belajar agar kedepannya menjadi pribadi yang lebih baik lagi dalam menyikapi persoalan dengan mempertimbangkan segala sesuatunya.
Apabila kita tidak bisa menerima kegagalan maka selamanya kita tidak akan pernah bisa bangkit lagi, karena sebuah kesusksesan itu tidaklah didapatkan secara instan tetapi melalui proses yang panjang. Selama kita menikmati perjalanan kita maka sebanyak apapun kegagalannya kita tidak akan menyerah begitu saja dan terus belajar memperbaiki diri dari kesalan-kesalahan supaya kesalahan tersebut tidak terulang kembali dengan meyakinkan kepada diri sendiri dan percaya dengan apa yang kita kerjakan. Kemudian dengan membangun rasa percaya diri maka akan lebih mudah lagi dalam melakukan sesuatu tanpa adanya rasa terbebani.
Untuk mencapai sebuah kesuksesan, terlepas dari gagal atau berhasilnya kita harus selalu ingat bahwa kendala yang dihadapi akan selalu ada dimulai dari hal-hal kecil sampai hal besar sehingga kita harus mempersiapkan konsekuensinya jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dan jangan pernah takut untuk melakukan kesalahan dengan melakukan sesuatu hal yang baru.
Selain dari pengalaman, memotivasi diri sendiri juga bisa dengan cara mengikuti sebuah workshop, seminar atau sejenisnya. Disana kita bisa menjumpai berbagai pembicara yang sangat menginspirasi dan kita bisa berbagi pengalaman mengenai apapun dan dengan siapapun bahkan dengan seseorang yang sangat hebat yang memiliki sejuta pengalaman baik gagal ataupun berhasil sampai ia mencapai kesuksesannya. Sehingga dengan wawasan yang luas ini kita dapat membangun motivasi diri dengan pemikiran yang luas juga. Terutama kita sebagai pemuda pemudi yang sedang mencari jati diri, tentunya workshop ini sangatlah berguna untuk mengembangkan keahliannya yang sesuai dengan bidangnya. Dengan melakukan hal yang disukai maka apapun yang dikerjakan tidak akan terasa berat, sehingga semua yang dikerjakan dapat diataur dan lebih menikmati prosesnya.
Selain itu, perbanyaklah berteman dengan orang-orang baik yang dapat memberikan motivasi, karena teman merupakan orang yang sangat berpengaruh dilingkungan sekitar. Dengan menceritakan keingininan kita atau tujuan kita maka disitu kita bisa berbagi pendapat satu sama lain dengan kritikan yang membangun.
Sering-seringlah menonton film atau tayangan yang menginspirasi karena jika kita malas untuk melakukan workshop, menonton adalah pilihan yang tepat. Bahkan dengan teknologi yang sudah canggih ini, segalanya akan dipermudah. Seperti menonton youtube yang dapat diputar berkali-kali dan pencarian google bisa diakses dengan mudah sehingga tidak ada alasan lagi untuk mengeluhkan diri sendiri.
Mulai mengikuti jejak-jejak kesuksesan seseorang dengan melakukan hal-hal kecil seperti membantu orang lain, mengikuti organisasi-oragnisasi baik diluar kampus maupun di dalam kampus sehingga bertemu dengan orang-orang yang memiliki tujuan yang sama yang mana kegiatan tersebut dapat menambah pengalaman dan wawasan yang luas.

Jadi membangun motivasi untuk diri sendiri harus diterapkan oleh setiap orang karena belajar dari pengalaman adalah motivator sejati sehingga kita bisa lebih berhati-hati lagi dan lebih mempertimbangkan segala sesuatunya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GAPURA CANDI BENTAR - BALI

GAPURA CANDI BENTAR BALI Disusun oleh: Hilda Nur Fauziah 54414989 1IA02 UNIVERSITAS GUNADARMA ATA 2014/2015 BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki berbagai macam suku, budaya, dan adat istiadat dari setiap suku disetiap wilayahnya. Hal ini membuat masyarakat Indonesia bangga terhadap apa yang negara kita miliki. Meskipun bebeda suku bangsa tetapi kita tidak membeda-bedakan satu sama lainnya. Namun, sangat disayangkan apabila generasi penerus bangsa tidak mengetahui tentang kebudayaan disetiap suku-suku yang ada di Indonesia. Berhubung seiring berkembangnya zaman, masyarakat Indonesia sekarang ini lebih tertarik terhadap sesuatu yang berubungan dengan budaya barat. Terutama di daerah Bali, masyarakat Indonesia dengan mudahnya bisa mengikuti budaya barat karena Bali merupakan salah satu objek wisata yang sangat terkenal baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Hal ini menyebabkan pengaruh bud

SUKU BIMA - NUSA TENGGARA BARAT

SUKU BIMA NUSA TENGGARA BARAT Disusun oleh: Hilda Nur Fauziah 54414989 1IA02 UNIVERSITAS GUNADARMA ATA 2014/2015 BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Indonesia adalah Negara kepulauan dengan berbagai keanekaragaman suku ditiap-tiap daerah yang telah diwariskan dari nenek moyang ke generasi-generasi berikutnya, salah satunya adalah provinsi Nusa Tenggara Barat. Disana terdapat pulau Sumbawa dan Lombok yaitu dua pulau terbesar yang berada di Nusa Tenggara Barat. Selain kaya akan sumber daya alamnya, provinsi Nusa Tenggara Barat ini memiliki pesona alam yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi. Namun, pada makalah ini saya akan membahas suku yang berada di pulau Sumbawa yaitu suku Bima dengan berbagai keanekaragaman budaya dan tradisi yang sangat kental dan sudah turun temurun hingga saat ini. B.      Tujuan Pembahasan Suku Bima Tujuan pembuatan makalah ini umumnya dilakukan

Pengantar Bisnis Informatika (Definisi Bisnis, TIK dan Bisnis Informatika)

BISNIS Secara umum, pengertian bisnis ( business ), tidak terlepas dari aktivitas produksi, pembelian, penjualan, maupun pertukaran barang dan jasa yang melibatkan orang atau perusahaan. Dalam konteks yang lebih sempit, pengertian bisnis sering dikaitkan dengan usaha, perusahaan atau organisasi yang menghasilkan barang dan jasa untuk menghasilkan laba. Pendapat lain mengatakan bahwa pengertian bisnis adalah usaha untuk memenuhi kebutuhan manusia, organisasi ataupun masyarakat luas. Pelaku bisnis ( businessman ) akan selalu melihat adanya kebutuhan masyarakat dan kemudian mencoba untuk melayaninya secara baik sehingga masyarakat menjadi puas dan senang karenanya. Dari kepuasan masyarakat itulah  businessman  atau para pelaku bisnis akan mendapatkan keuntungan dan kemudian keuntungan tersebut akan digunakan untuk mengembangkan bisnis agar menjadi lebih luas. Dalam  ilmu ekonomi , bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada  konsumen  atau bisnis lainnya, untu