MAKALAH
PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA
“ASPEK
PEMASARAN (PT. INDOCEMENT)”
Disusu Oleh:
Nama :
Hilda Nur Fauziah
NPM : 54414989
NPM : 54414989
Kelas :
4IA08
Dosen :
Siti Saidah
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2017
KATA
PENGANTAR
Puja dan puji syukur saya haturkan kepada
Allah Subhanahu Wata’ala yang
telah memberikan banyak nikmat, taufik dan hidayah. Sehingga saya dapat
menyelesaikan tugas makalah Pengantar Bisnis Informatika yang berjudul “Aspek
Pemasaran (PT. Indocement)”.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa masih banyak
kekurangan dalam penulisan makalah ini, baik dari segi tata bahasa, susunan
kalimat maupun isi. Oleh sebab itu dengan segala kerendahan hati, saya selaku
penyusun menerima segala kritik dan saran yang membangun dari pembaca.
Demikian
yang bisa saya sampaikan, semoga makalah ini dapat menambah khazanah ilmu
pengetahuan dan memberikan manfaat nyata untuk masyarakat luas.
Depok,
10 November 2017
Hilda Nur Fauziah
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR....................................................................... i
DAFTAR
ISI................................................................................. ii
BAB I
PENDAHULUAN................................................................... 1
A. Latar
Belakang.................................................................. 1
B. Tujuan
Penelitian............................................................... 1
BAB
II PEMBAHASAN.................................................................... 2
A. Spesifikasi
Produk/Jasa...................................................... 2
B. Segmentasi
Produk/Jasa.................................................... 6
C. Analisis
Situasi Pasar......................................................... 7
D. Analisis
Pesaing................................................................. 7
E. Strategi
Promosi................................................................ 9
F. Media
Promosi Berbasis IT.................................................. 9
BAB
III PENUTUP..........................................................................10
A. Kesimpulan........................................................................10
B. Saran.................................................................................10
DAFTAR
PUSTAKA..........................................................................11
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tidak mungkin
dapat mencari sendiri pembeli ataupun konsumennya. Oleh karena itu, produsen
dalam kegiatan pemasaran produk atau jasanya harus membutuhkan konsumen
mengenai produk atau jasa yang dihasilkannya. Salah satu cara yang digunakan
produsen dalam bidang pemasaran untuk tujuan meningkatkan hasil produk yaitu
melalui kegiatan promosi.
Sebagaimana diketahui bahwa keadaan dunia usaha bersifat dinamis,
yang selalu mengalami perubahan yang terjadi setiap saat dan adanya keterkaitan
antara satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu strategi pemasaran mempunyai
peranan yang sangat penting untuk keberhasilan perusahaan umumnya dan pada
bidang pemasaran khususnya. Disamping itu strategi pemasaran yang diterapkan
harus ditinjau dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan pasar dan lingkungan
pasar tersebut. Dengan demikian strategi pemasaran harus dapat memberikan
gambaran yang jelas dan terarah tentang apa yang dilakukan perusahaan dalam
menggunakan setiap kesempatan atau paduan pada beberapa sasaran pasar. Seperti
halnya pada perusahaan PT Indocement, perusahaan tersebut merupakan salah satu
perusahaan semen terbesar di Indonesia dan sudah terbukti kualitasnya. Untuk
mendapatkan kepercayaan dari konsumen maka setiap perusahaan harus memiliki
strategi pemasaran agar produk yang dihasilkan dapat dipasarkan.
B. Tujuan
Penelitian
Tujuan dari pembuatan makalah
ini adalah untuk menyelesaikan tugas mata kuliah Pengantar Bisnis Informatika yang
diberikan oleh dosen dan untuk memahami tentang berbagai aspek pemasaran,
diantaranya:
1. Untuk
mengetahui spesifikasi produk/jasa yang dipasarkan
2. Untuk
mengetahui segmentasi produk/jasa yang dipasarkan
3. Untuk
menganalisa situasi pasar sesuai berdasarkan produk/jasa
4. Untuk
menganalisa pesaing sesuai berdasarkan produk/jasa
5. Untuk
mengetahui stategi promosi pemasaran
6.
Untuk
mengetahui media promosi apa saja yang berbasis IT
BAB II
PEMBAHASAN
A. Spesifikasi
Produk (PT. Indocement)
Spesifikasi produk
didefinisikan sebagai uraian yang terperinci mengenai persyaratan kinerja (performance) barang/jasa atau
uraian yang terperinci mengenai persyaratan kualitas material dan pekerjaan
yang diberikan penyedia (conformance)
barang/jasa.
Pada kesempatan ini saya akan
membahas mengenai spesifikasi produk yang dipasarkan oleh perusahaan PT. Indocement
merupakan perusahaan pabrik semen yang saat ini dikenal dengan merk kenamaan
“Tiga Roda” dan merk baru yaitu “Rajawali”. PT. Indocement ini memiliki
beberapa produk semen yang dipasarkan dengan spesifikasi produk yang
berbeda-beda, diantaranya :
1.
Portland
Composite Cement (PCC)
PCC Tiga Roda dibuat untuk konstruksi
umum seperti rumah, bangunan tinggi, jembatan, jalan beton, beton precast dan
beton pre-stress. PCC mempunyai kekuatan yang sama dengan Portland Cement Tipe
I.
SNI 15-7064-2014
ASTM C595-13
EN 197-1:2011
2.
Ordinary Portland Cement (OPC)
OPC Tiga Roda juga dikenal
sebagai semen abu-abu, terdiri dari lima tipe semen standar. Indocement
memroduksi OPC Tipe I, II dan V. OPC Tipe I merupakan semen kualitas tinggi
yang sesuai untuk berbagai penggunaan, seperti konstruksi rumah, gedung tinggi,
jembatan, dan jalan. OPC Tipe II dan V memberikan perlindungan tambahan
terhadap kandungan sulfat di air dan tanah.
3.
Portland Pozzolan Cement (PPC)
PPC dari Semen Rajawali
sangat baik digunakan untuk pasangan bata dan plesteran, acian, juga pengerjaan
beton. Diproduksi dengan teknologi ramah lingkungan, peralatan canggih, dan
material terpercaya dari Indocement, penggunaan Semen Rawajali akan menghasilkan
pengerjaan dengan kualitas konsisten dan tidak mudah retak. Produk ini juga
didesain khusus agar mudah digunakan dan dengan komposisi yang pas sehingga
cocok untuk membangun segala tipe bangunan.
SNI 0302-2014
NRP 113-002-160930
4.
Oil Well Cement (OWC)
OWC Tiga
Roda adalah tipe semen khusus untuk pengeboran minyak dan gas baik di darat
maupun lepas pantai. OWC dicampur menjadi suatu adukan semen kemudian
disuntikkan di antara pipa bor dan cetakan sumur bor dimana semen tersebut
dapat mengeras dan kemudian mengikat pipa pada cetakannya. OWC diproduksi
dengan standar mutu sesuai API (American Petroleum Institute).
5.
Semen Putih
Semen Putih
Tiga Roda digunakan untuk dekorasi eksterior dan interior gedung. Sebagai
satu-satunya produsen semen putih di Indonesia, saat ini Indocement dapat
mencukupi kebutuhan semen putih untuk pasar domestik.
SNI
15-2049-2004
ASTM C150-12
6.
Acian Putih TR30
Acian Putih
TR30 sangat sesuai untuk pekerjaan acian dan nat. Komposisi Acian Putih TR30
antara lain Semen Putih "Tiga Roda", kapur (Kalsium Karbonat) dan
bahan aditif khusus lainnya. Keuntungan menggunakan Acian Putih TR30 adalah
menghasilkan permukaan acian yang lebih halus, mengurangi retak dan
terkelupasnya permukaan karena mempunyai sifat plastis dengan daya rekat
tinggi, cepat dan mudah dalam pengerjaan, hemat dalam pemakaian bahan serta
dapat dipergunakan pada permukaan beton dengan menambahkan bonding agent.
7.
Beton Siap-Pakai
Beton
siap-pakai (Ready-Mix Concrete/RMC) diproduksi dengan mencampur OPC dengan bahan
campuran yang tepat (pasir dan batu) serta air dan kemudian dikirimkan ke
tempat pelanggan menggunakan truk semen untuk dicurahkan. Sebagai nilai tambah
produk, RMC mendatangkan keuntungan yang lebih tinggi dari produk semen
lainnya. RMC Indocement sebagian besar dijual di Jakarta dimana industri
pembangunannya sangat baik.
8.
Agregat
Agregat
digunakan dalam proses produksi RMC. Pengembangan baru tambang agregat (batu
andesit atau batu pecah-belah) di Rumpin dan Purwakarta, Jawa Barat dengan
total cadangan 80 juta ton andesit, melalui anak perusahaan Indocement akan
memperkuat posisi Indocement sebagai pemasok bahan bangunan.
B. Segmentasi
Produk (PT. Indocement)
Segmentasi produk adalah
mengelompokan produk-produk yang akan diproduksi dan akan dijual sesuai dengan
keadaan konsumen yang ada. Jadi produsen akan memproduksi sesuatu sesuai dengan
keadaan atau perilaku konsumen. Apakah konsumen mau barang yang seperti “ini”
atau barang yang seperti “itu”. Sama halnya dengan PT. Indocement ini, setiap
produk yang dipasarkan memiliki segmentasi yang berbeda-beda tergantung
kebutuhan, fungsi atau manfaat produk tersebut. Misalnya ada semen yang dibuat
untuk konstruksi rumah, bangunan/gedung tinggi, jembatan, jalan beton, pasangan
bata dan plesteran, pengeboran minyak, dekorasi eksterior dan interior gedung
dan sebagainya sesuai dengan kebutuhan pembangunan.
C. Analisis
Situasi Pasar
1. Konsumsi semen nasional diprediksi tumbuh lebih baik
sekitar 3-5% di 2017 (dibandingkan flat pada 2016).
2. Konsumsi di 2017 akan meningkat seiring dengan
meningkatnya proyek-proyek pemerintah dan beberapa proyek komersial dan
perumahan sehubungan adanya Tax Amnesty, turunnya bunga KPR, kelonggaran
pada ketentuan rasio LTV, adanya pemberian hipotik kedua untuk kepemilikan
properti “off-plan”, pengurangan pajak perpindahan kepemilikan, kejelasan dalam
kepemilikan properti oleh orang asing, dan kemudahan peraturan.
3. Antisipasi peningkatan permintaan semen curah dan
beton siap pakai di luar Jawa dan lebih tersebar di Jawa karena cepatnya
perkembangan proyek infrastruktur pemerintah di 2017. Memerlukan ekspansi di
terminal semen dan Batching Plants
4. Kelebihan pasokan sekitar 27 juta ton di 2016 dan
sampai dengan 37 juta ton di 2017 akan merubah kondisi pasar industri semen dan
kami perkirakan kompetisi yang ketat di antara 19 merek semen dari 15 pelaku
usaha akan terus terjadi (sebelumnya dari 9 merek dan 9 pelaku usaha).
5. Lonjakan harga batubara akhir-akhir ini akan
membatasi penurunan harga semen lebih lanjut pada saat-saat ini dan kemungkinan
akan terjadi konsolidasi.
D. Analisa
Pesaing
Guna memenuhi
terbatasnya pasokan yang masih terjadi, beberapa perusahaan semen melakukan ekspansi dengan membangun pabrik baru dan
menambah kapasitas produksi. Persaingan makin ketat antara pemain baru dan
pemain lama.
Beberapa perusahaan pesaing tersebut
adalah sebagai berikut :
No.
|
Nama
Perusahaan
|
Logo
|
1.
|
PT Semen Gresik
Tbk
|
|
2.
|
PT
Semen Tonasa
|
|
3.
|
PT Holcim Indonesia Tbk
|
|
4.
|
PT
Semen Bosowa
|
|
5.
|
PT
Semen Padang
|
|
E. Strategi
Promosi
Strategi promosi yang dilakukan pada
perusahaan PT Indocement sebagai berikut :
1.
Untuk mendapatkan segmen proyek yang merupakan pasar terbatas, perusahaan
PT Indocement akan menggunakan komunikasi langsung.
2.
Promosi secara lokal yang disesuaikan.
3.
Memiliki moto dari produk baru Rajawali adalah “Melekat, Kuat, Ramah
Lingkungan” sebagai ciri khas suatu produk.
4.
Dengan
menerapkan program Mitra Semen Tiga Roda. Kartu MSTR bisa dimanfaatkan untuk
melakukan pembayaran di outlet Hypermart yang bekerjasama dengan
menggunakan poin yang telah dikumpulkan dan dapat ditukarkan dengan berbagai
hadiah menarik mulai dari merchandise, produk elektronik, perjalanan ke luar
negeri sampai dapat pula ditukarkan dengan armada truk atau kendaraan
seperti sedan dan motor.
F. Media
Promosi berbasis IT
PT Indocement Mengiklankan produknya
menggunakan media elektronik seperti TV dan radio, Media cetak seperti majalah
dan koran, serta internet dengan situs resminya yaitu www.sementigaroda.com,
serta melalui berbagai media sosial seperti facebook, twitter, dan kaskus.
Namun, tentu saja masyarakat paling mengingat produk tiga roda berkat iklannya
di TV. Tiga roda mempunyai tagline, “Kokoh Terpercaya”. Ketika masyarakat
mendengar tagline ini di TV, tagline tersebut langsung memberikan masyarakat
pesan dan kesan jika memakai semen tiga roda untuk membangun suatu rumah yang
minimalis, pasti rumah yang nanti masyarakat akan bangun Kokoh Terpercaya.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
PT Indocement
merupakan salah satu perusahaan pabrik semen terbesar di Indonesia dengan
memiliki banyak cabang diseluruh Indonesia yang dipasarkan. Strategi pemasaran
mempunyai peranan yang sangat penting untuk keberhasilan perusahaan umumnya dan
pada bidang pemasaran khususnya. Dengan demikian strategi pemasaran harus dapat
memberikan gambaran yang jelas dan terarah tentang apa yang dilakukan
perusahaan dalam menggunakan setiap kesempatan atau paduan pada beberapa
sasaran pasar. Untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen maka setiap
perusahaan harus memiliki strategi pemasaran agar produk yang dihasilkan dapat
dipasarkan.
B. Komentar
Menurut saya, PT Indocement ini sudah memiliki
strategi aspek pemasaran yang baik. Jika dilihat dari segi analisa situasi
pasar, PT Indocement ini sudah sangat mengikuti perkembangan pasar yang ada dan
bahkan pada tahun 2017 memiliki kenaikan proyek yang tentunya harus memproduksi
semen dengan jumlah yang lebih banyak lagi. Jika dilihat dari analisa pesaing, sekarang
ini sudah banyak sekali perusahaan pabrik semen. Tetapi dengan teguh pendirian
dan terus mengembangkan produknya, PT Indocementnya tetap menjadikan perusahaan
semen terbaik sampai saat ini.
Untuk menarik para konsumen, PT Indocement ini
memiliki strategi promosi dan media promosi berbasis IT yang mana strategi
promosi ini dilakukan di berbagai media seperti televisi, jerjaring social dan
langsung berinteraksi dengan konsumen. Menurut saya, yang paling berpengaruh
bagi masyarakat yaitu media telivisi dimana media televisi adalah media yang
paling efektif dalam menyampaikan pesan informasi. Pesan yang disampaikan dalam
bentuk audio (suara) dan visual (gambar) dan dikonsumsi oleh semua kalangan
sehingga pesan lebih mudah tersampaikan.
DAFTAR PUSTAKA
http://properti.kompas.com/read/2013/09/24/1028203/Persaingan.Sengit.Inilah.Daftar.Pabrik.Semen.Baru.
Komentar
Posting Komentar